Post Produk

Harga Sheet Pile Beton

Sheet Pile: Spesifikasi, Jenis, dan Ukuran Lengkap dengan Harganya

 NO   PRODUK  HARGA
 1 Mini Pile 250 x 250 x 6000 (M)  IDR       171,600
 2 Mini Pile 250 x 250 x 6000 (S)  IDR       177,760
 3 Mini Pile 250 x 250 x 6000 (D)  IDR       184,800
 4 Mini Pile 250 x 250 x 3000 (M)  IDR       159,280
 5 Mini Pile 250 x 250 x 3000 (S)  IDR       172,480
 6 Mini Pile 250 x 250 x 3000 (D)  IDR       185,680
 7 Mini Pile 200 x 200 x 6000 (M)  IDR       123,200
 8 Mini Pile 200 x 200 x 6000 (S)  IDR       128,480
 9 Mini Pile 200 x 200 x 6000 (D)  IDR       132,880
 10 Mini Pile 200 x 200 x 3000 (M)  IDR       123,200
 11 Mini Pile 200 x 200 x 3000 (S)  IDR       132,880
 12 Mini Pile 200 x 200 x 3000 (D)  IDR       142,560

Sheet Pile: Spesifikasi, Jenis, dan Ukuran Lengkap dengan Harganya – Bencana alam kerap merugikan berbakai material dan juga non material akibat terkikisnya suatu tanah atau dikarenakan kurangnya pepohonan di sekitar. Kemajuan teknologi dalam bidang konstruksi juga ternyata membuat suatu bahan bangunan yang disebut-sebut dapat mengatasi atau mengurangi dampak dari terjadinya longsor tersebut.

Salah satunya ialah bahan bangunan yang berbentuk dinding vertikal dengan tingkat ketebalan yang relatif tipis yang memiliki fungsi sebagai pembendung tanah agar tidak masuknya air ke dalam lubang galian dalam suatu proyek bangunan. Kerap disebut juga sebagai turap, bahan bangunan ini memiliki manfaat dalam suatu pekerjaan bangunan.

Turap memiliki manfaat sebagai dinding penahan tanah pada suatu tebing saat melakukan pembangunan jalan raya atau sungai. Proyek pembangunan basement juga akan menggunakan turap sebagai penahan tebing galian untuk membangun pondasi, baik yang langsung atau menerus. Pada pembangunan untuk dek kapal juga menggunakan turap.

Jika Anda pernah melihat dermaga atau suatu bendungan, maka sesungguhnya infrastruktur ini juga memanfaatkan turapo untuk melakukan penahanan pada tanah galian. Biaya yang dikeluarkan untuk melakukan pekerjaan menggunakan turap ini juga relatif mudah, murah dan terjangkau. Akan tetapi pemasangannya hanya dapat dilakukan pada bidang tanah yang daatar. Sementara pada bidan yang tinggi, turap tidak dapat diterapkan.

Penahanan tanah yang dilakukan pada dataran yang tinggi akan memerlukan jenis sheet pile yang besar. Selain itu, turap ini juga harus dipasang dengan setidaknya kondisi tanah yang memiliki keseimbangan antara tanah dan bebatuan. Sebab, pemancangan akan menjadi repot apabila dilakukan pada daerah tinggi yang memiliki struktur tanah dengan bebatuan yang tidak sedikit.  Oleh karenanya, turap tida cocok dilakukan pada daerah dataran tinggi.

Turap ini memiliki 3 macam jenis yang dapat dipilih sesuai dengan keperluan dalam pembangunan untak menahan tanah. Jenis pertama ialah yang menggunakan turap dengan menggabungkan beberapa kayu, dan bersifat tidak tahan lama, serta butuh bahan pelapis jika digunakan untuk bangunan di atas air. Kedua, ada yang berjenis turap baja yang memiliki bobot ringan, dan mudah untuk diaplikasikan, serta memiliki jangka waktu pemasangan.

Jenis yang ketiga dan paling banyak dipilih dalam sebuah peroyek ialah sheet pile beton yang memerlukan tulangan besi pada saat pemasangannya. Turap yang dibuat berbahan beton ialah dicetak dan memiliki format khusus dalam pemancangannya. Sekalipun terbuat dari beton yang terkenal berat, tapi bentuk ujungnya yang runcing akan memudahkan proses pemancangan, sehingga tidak akan terlalu berat saat melakukan pemancangan.

Harga Sheet Pile Beton

Turap berbahan beton ini memiliki harga yang bervariasi dan disesuaikan dengan tipe dan kelas dari setiap lembarannya. Turap memiliki pembagian menjadi dua kelas, yaitu kelas A dengan harga sedang, dan kelas B dengan harga yang cukup tinggi. Harga yang diterapka pada turap beton dilakukan berdasarkan per meter dari setiap lembarannya. Dimulai dari tipe 325 dari kelas A turap beton dihargai mulai dari 790 ribu rupiah per meternya.

Sementara pada kelas B untuk ukuran 325 dikenai harga mulai dari 879 ribu rupiah per meter. Harga sheet pile beton ukuran 350 di kelas A dipatok mulai dari 881 ribu rupiah per meter, sedangkan di kelas B mulai dari 958 ribu rupiah per meter. Pada tipe 400 di kelas A masih dikisarkan harga 900 ribuan per meternya, sementara pada kelas B sudah mencapai angka 1 juta rupiah per meter.

Pada tipe 450, 500, hingga 600 turap berbahan beton juga dipatok mulai dari 1 juta rupiah ke atas untuk masing-masing kelas A dan juga B. Di mana harga turap beton dari kelas B selalu lebih mahal mencapai 100 ribu rupiah hingga 150 ribu rupiah bedanya. Turap beton selalu dianggap sebagai yang terbaik dan terkokoh dibandingkan dengan yang bahan kayu ataupun baja. Hal ini yang membuatnya lebih mahal dan banyak digunakan dalam pembangunan.

Harga Flat Sheet Pile

Flat sheet pile menjadi yang paling direkomendasikan dalam melakukan suatu peroyek yang dibuat dengan kualitas terbaik agar memiliki daya tekan yang tinggi dengan bahan beton. Terbuat dari bahan beton yang bermutu tinggi dengan pengawasan khusus, menjadikannya sangat ekonomis, dan biasa digunakan untuk bangunan di tepi pantai. Jenis turap yang satu ini memang akan terbebas dari korosi dan juga karat yang diakibatkan karena terpaan air.

Selain itu, flat turap ini memiliki keunggulan yang dapat dijadikan sebagai dinding yang tahan terhadap air. Dipilih oleh banyak pemboron, karena harganya yang terjangkau, kualitasnya pun terbaik, dan juga akan memudahkan para pekerja dalam melakukan pemasangan. Sehingga akan lebih menghemat waktu dan biaya untuk proses pengaplikasiannya.

Harga flat sheet pile dipatok berdasarkan per meter dan juga jenisnya yang terbagi menjadi dua, yaitu 3 S dan juga 3 D. Pada turap flat yang tipe 3 D memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan turap flat 3 S. harga per meter yang dipatok untuk setiap tiang 6 meter dari flat ini mulai dari 98 ribu rupiah hingga 430 ribu rupiah per meternya. Harga tersebut di setiap toko akan berbeda-beda, dan Anda dapat melakukan negosiasi untuk pembangunan.

Jasa Pasang Harga Sheet Pile

Pemancangan suatu turap pastilah membutuhkan alat khusus, sehingga untuk melakukannya dibutuhkan jasa pasang yang juga disertai dengan sewa alat pancang turap. Anda yang membutuhkan jasa dalam pemancangan suatu turap, maka dapat menghubungi penyedia jasa pancang turap beton yang juga menyediakan alat pancang yang dapat disewa. Alat pancang terbagi menjadi tiga, yaitu crane hammer diesel, hammer vibro, dan juga tripod/ labrang.

Jasa pasang harga sheet pile dengan alat crane hammer diesel dimulai dari 150 ribu rupiah per meter. Apabila Anda tertarik untuk mengguanakan alat hammer vibro dalam pancang turap, maka persiapkan dana sekitar 170 ribu rupiah per meter. Namun, Anda perlu menghubungi penyedia jasa terlebih dahulu untuk melakukan negosiasi dalam pancang turap menggunakan alat tripod/ labrang.

Setiap layanan jasa pancang turap akan memiliki harga yang berbeda-beda di setiap wilayahnya, dan perlu memastikan dengan menghubungi terlebih dahulu penyedia jasa pancang turap di sekitar kota tempat tinggal Anda. Selain itu, proyek pancang turap di setiap kota akan memiliki penyedia jasa yang mematok harga berbeda, dan harga yang tertera di atas hanyalah kisaran yang bisa berarti lebih atau kurang dari harga tersebut.

Spesifikasi Sheet Pile

Sheet pile memiliki standar dalam spesifikasinya yang meliputi dari tipe, lebar (mm), potongan (cm2), bagian inersia (cm4), dan juga berat jenisnya (kg). Kemudian selanjutnya setiap standar spesifikasi dari turap tersebut terbagi menjadi dua jenis kelas, yaitu kelas A dan kelas B. Dimulai dari tipe yang pertama dari 325 memiliki lebar 996 mm, potongan 1.315 cm2,  bagian inersia 134.264 cm4, dan berat jenis 329 kg.

Tipe turap 350 memiliki lebar 996 mm, potongan 1.468 cm2,  bagian inersia 169.432 cm4, dan berat jenis 368 kg. Tipe turap 400 memiliki lebar 996 mm, potongan 1.598 cm2,  bagian inersia 248.691 cm4, dan berat jenis 400 kg. Tipe turap 450 memiliki lebar 996 mm, potongan 1.835 cm2,  bagian inersia 353.363 cm4, dan berat jenis 459 kg.

Tipe turap atau sheet pile 500 memiliki lebar 996 mm, potongan 1.818 cm2,  bagian inersia 462.373 cm4, dan berat jenis 455 kg. sementara pada tipe turap yang terakhir yaitu tipe 600 memiliki lebar 996 mm, potongan 2.078 cm2,  bagian inersia 765.907 cm4, dan berat jenis 520 kg. Hal ini membuktikan bahwa setiap spesifikasi dari turap memiliki lebar yang sama besar, dan berat jenis turap dipengaruhi oleh besarnya potongan dan bagian inersia-nya.

Jual Harga Sheet Pile Beton Bekas dan Baru

Pada suatu proyek pembangunan, terkadang turap yang dipilih tidak mesti baru, tetapi juga dapat menggunakan turap yang bekas. Selagi masih layak dan bisa digunakan sebagaimana fungsinya, maka turap yang bekas pun tetap dapat dijadikan pilihan untuk melakukan penahanan terhadap air di suatu galian proyek bangunan. Tentunya turap yang bekas akan memiliki harga yang relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan yang masih baru.

Namun, Anda perlu memastikannya dengan saksama agar tidak tergiur harga sheet pile beton yang murah dengan kondisi bekas yang tidak lagi paripurna. Sebab, ketahanan konstruksi juga dapat dipengaruhi oleh kualitas bahan yang dipilih. Selain itu, pemancangan juga menjadi tolak ukur dalam ketahanan suatu bangunan, terutama yang difungsikan sebagai turap yang harus mampu memiliki ketahanan terhadap terpaan air.

Anda bisa memilih turap yang merupakan sisa dari proyek suatu bangunan, karena masih dalam kondisi yang baik, tapi tentu harga yang ditawarkan jauh lebih murah daripada yang masih baru. Kondisi turap bekas dari sisa proyek pun perlu dipastikan sebelum Anda menyetujuinya, karena jual harga turap bekas pasti lebih murah dari yang baru, dan sesuaikan dengan kondisi kelayakan jika digunakan pada proyek yang akan dikerjakan.

Ukuran Sheet Pile

Telah disebutkan bahwasannya sheet pile  atau turap memiliki tiga macam yang dibedakan berdasarkan bahan pembuatannya. Di mana setiap turap ini memiliki ukuran yang berbeda-beda dalam tiang penampangnya. Pertama, turap yang berbahan kayu akan membutuhkan penampang yang berukuran 50 mm kali 300 mm dengan takik pada setiap ujungnya yang berbentuk lidah.

Jenis yang kedua pada turap ialah turap baja yang memang memiliki bahan dari baja ringan. Banyak pemborong yang juga mempertimbangkan penggunaan turap yang berbahan baja yang dianggap lebih menguntungkan, karena bisa digunakan pada jenis bangunan yang sementara atau juga permanen. Ukuran tiang turap baja berkisar 10 mm hingga 13 mm. Di mana penamngnya memiliki lengkungan yang dalam dan berbentuk huruf Z.

Ukuran sheet pile beton akan membutuhkan tiang panampang dengan lebar kurang lebih 500 mm hingga 800 mm, dan ketebalannya mencapai 120 mm hingga 150 mm. hal ini turut membuktikan bahwa turap berbahan beton akan jauh lebih awet dan berkualitas tinggi dibandingkan dengan jenis yang lainnya, sekalipun harganya pasti jauh lebih mahal.

Dimensi Sheet Pile

Turap memiliki dimensi yang berbeda-beda dengan setiap tipenya. Di mana dimensi pada turap yang memiliki funsi sebagai penahan tanah terhadap air ini terdiri dari ukuran tebal dikali dengan lebar, yang memiliki satuan ukur millimeter. Keunikan yang terdapat dalam turap ini juga terdapat pada ukuran lebarnya yang selalu sama yakni 500 mm. Sehingga diameter yang membedakan antar turap terletak pada ketebalannya.

Dimensi sheet pile atau turap ada yang memiliki ketebalan 220 mm dengan lebar 500 mm. Selanjutnya adapula turap yang memiliki dimensi dengan ketebalan 320 mm dengan lebar yang juga sama yakni 500 mm. dimensi turap ini juga harus dipastikan akan cocok dengan kegunaan yang ingin diaplikasikan untuk ketahanan tanah terhadap air di suatu lokasi proyek.

Analisa Harga Satuan Pemancangan Sheet Pile Beton

Pemancangan yang dilakukan terhadap turap berbahan beton memang memerlukan alat berat untuk pemasangannya. Sebab, sudah dapat dipastikan dalam pemancangannya turap beton harus disertai dengan sewa alat beratnya, baik yang berupa crane hammer diesel, hammer vibro, atau juga tripod/ labrang. Di mana dalam melakukan analisa harga satuan pemancang turap akan diperhitungkan berdasarkan per meter dan juga sewa alat beratnya.

Harga satuan pemancangan sheet pile beton berdasarkan per meternya belum termasuk sewa alat berat ialah mulai dari 790 ribu rupiah hingga 1 juta 620 ribu rupiah. Sementara untuk sewa alat beratnya dalam pemancangan turap ini dengan alat crane hammer diesel dimulai dari 150 ribu rupiah per meter. Sementara jika Anda menyewa alat berat hammer vibro, maka dibutuhkan dana sekitar 170 ribu rupian per meter, belum termasuk dalam harga beli turap.

Ukuran Panjang Sheet Pile Beton

Ukuran panjang turap yang berbahan beton memiliki variasi yang cukup signifikan. Di mana setiap panjang dari turap beton ini disebut sebagai potongan yang memiliki satuan ukur cm2, dengan bagian inersia yang memiliki satuan ukur cm4. Dimulai dari tipe yang pertama dari 325 memiliki lebar 996 mm, potongan 1.315 cm2,  dan bagian inersia 134.264 cm4. Tipe turap 350 memiliki lebar 996 mm, potongan 1.468 cm2, dan bagian inersia 169.432 cm4.

Tipe turap 400 memiliki lebar 996 mm, potongan 1.598 cm2,  dan bagian inersia 248.691 cm4. Tipe turap 450 memiliki lebar 996 mm, potongan 1.835 cm2, dan bagian inersia 353.363 cm4. Tipe turap atau sheet pile 500 memiliki lebar 996 mm, potongan 1.818 cm2, dan bagian inersia 462.373 cm4. Sementara pada tipe turap yang terakhir yaitu tipe 600 memiliki lebar 996 mm, potongan 2.078 cm2, dan bagian inersia 765.907 cm4.

Berat Sheet Pile Beton

Satuan berat yang digunakan pada turap jenis beton ialah kilogram (kg). Di mana setiap berat turap ini dipengaruhi oleh ukuran potongan turap dan juga bagian dari inersia-nya. Semakin panjang potongan dan juga inersia-nya, maka bobot yang dimiliki turap juga akan semakin berat, dengan begitu juga harganya akan semakin mahal. Tipe 325 dengan berat jenis 329 kg.

Tipe turap 350 dengan berat jenis 368 kg. Tipe turap 400 dengan berat jenis 400 kg. Tipe turap 450 dengan berat jenis 459 kg. Tipe turap atau sheet pile 500 dengan berat jenis 455 kg. Sementara pada tipe 600 memiliki berat jenis 520 kg. Hal ini membuktikan bahwa setiap spesifikasi dari turap memiliki lebar yang sama besar, dan berat jenis turap dipengaruhi oleh besarnya potongan dan bagian inersia-nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *