NO   KODE   PRODUK  HARGA
 1  VBC-040040  400 x 400 x 1000 mm  IDR        770,000
 2  VBC-050050  500 x 500 x 1000 mm  IDR     1,044,560
 3  VBC-060060  600 x 600 x 1000 mm  IDR     1,264,560
 4  VBC-080080  800 x 800 x 1000 mm  IDR     1,980,000
 5  VBC-100100  1000 x 1000 x 1000 mm  IDR     2,728,000
 6  VBC-120120  1200 x 1200 x 1000 mm  IDR     3,721,520
 7  VBC-150150  1500 x 1500 x 1000 mm  IDR     5,469,200
 8  VBC-200200  2000 x 2000 x 1000 mm  IDR     8,813,200

Sesuai dengan namanya, tampilan box culvert ini berupa kotak atau persegi dengan ukuran tertentu. Dengan semakin meningkatnya teknologi, bentuk box culvert ini tidak hanya itu, tapi ada juga yang berbentuk trapesium dan bulat.

Perbedaan bentuk tersebut secara otomatis memengaruhi harga box culvert di pasaran. Tidak hanya itu, semua perbedaan bentuk tersebut juga tergantung dari kebutuhan pembangunan yang dilakukan di suatu proyek.

Namun pada umumnya, variasi dimensi dan ukuran box culvert yang jadi standar pabrik telah disesuaikan dengan perkiraan debit air yang mengalir. Material yang digunakan untuk pembuatan box culvert ini diantaranya adalah PVC (klorida), baja, semen, pasir, polivinil, dan beberapa bahan lainnya.

Bentuk box culvert yang persegi tersebut memiliki sambungan pada tiap sisinya yang disebut dengan istilah socket dan spigot. Bentuk sambungan tersebut berupa pipa yang berfungsi sebagai penghubung atau penyambung antara box culvert satu dengan box culvert lainnya saat pemasangan dilakukan.

Dalam hal harga box culvert, pada beberapa lokasi di wilayah Indonesia menawarkan harga yang bervariasi. Sebagai informasi, berikut ini daftar harga gorong-gorong beton jenis box culvert di beberapa wilayah Indonesia:

Harga Pasang Box Culvert

Untuk pemasangan box culvert ini harus dilakukan dengan hati-hati dan menggunakan alat berat yang telah disesuaikan dengan kelurusan, ketinggian, hingga tingkat kemiringan lokasi pemasangan. Itu sebabnya, setiap proyek memasang anggaran yang cukup tinggi untuk biaya pemasangan box culvert ini.

Sebab, tahapan menuju pemasangan tersebut prosesnya masih cukup panjang. Mulai dari menyiapkan lahan, menggali, dan lain sebagainya. Sebagai gambaran, berikut ini tahapan proses pemasangan box culvert:

– Pengukuran

Lahan yang akan digunakan sebagai area pemasangan box culvert harus diukur terlebih dahulu untuk mengetahui berapa jumlah box culvert yang dibutuhkan. Dengan cara ini, Anda akan mengetahui berapa harga box culvert yang sesuai dengan ukuran yang Anda butuhkan.

– Penggalian Tanah

Pada tahap ini, pekerja proyek akan melaksanakan penggalian dengan menggunakan alat berat sesuai dengan batasan atau elevasi patok yang telah ditandai mulai dari panjang x lebar hingga tingkat kedalamannya. Selain itu, pada tahap ini juga harus memperhatikan tingkat kemiringan saluran air, proses dewatering, dan lain-lain.

– Pembuangan Tanah Galian

Tahap berikutnya adalah menyiapkan dump truck untuk mengangkut tanah galian ke lokasi yang telah ditentukan. Sedangkan sebagian lagi digunakan untuk pelaksanaan pengurugan tanah. Tahapan ini dimaksudkan agar area pemasangan box culvert terlihat rapi dan bersih.

– Urug Sirtu

Proses berikutnya adalah pengurugan sirtu secara bertahap sesuai dengan kebutuhan yang dilakukan dengan menggunakan excavator dan tenaga manusia untuk meratakan sirtu tersebut.

– Lantai Kerja

Tahapan berikutnya adalah proses pelapisan tanah yang akan digunakan sebagai alas box culvert. Pelapisan tanah ini bertujuan agar posisinya tidak akan bergeser saat sudah dipasang mengingat harga box culvert yang cukup mahal per satuannya.

Oleh karena itu, penggunaan material kasar sangat dihindari pada tahap ini karena bisa mengakibatkan produk menjadi rusak. Tinggi lapisan tanah ini pada umumnya sekitar 75 mm. Tapi jika struktur tanah terdiri dari bebatuan, maka pelapisan tanah minimal harus setinggi 150 mm.

– Pemasangan Box Culvert

Pada tahap pemasangan gorong-gorong beton ini, hal yang harus diperhatikan adalah peletakan box culvert pertama akan memengaruhi posisi box yang berikutnya. Itu sebabnya diperlukan perhitungan yang tepat dan tingkat kecermatan yang tinggi agar pemasangan box culvert tidak melenceng dari jalur yang telah direncanakan sebelumnya.

Mulai dari derajat kemiringan hingga posisi ketinggian, semua itu harus memperhatikan posisi socket yang harus berada di bagian hulu dan spigot berada di hilir. Pada tahapan ini, biasanya menggunakan alat bantu rantai untuk mengangkat box culvert dan alat berat seperti crane.

Ini dikarenakan bobot dari box culvert itu sendiri sangat berat dan bisa mencapai 5 ton, tenaga manusia tidak akan cukup mampu untuk melakukan proses ini secara manual. Namun, hal ini sepadan dengan ukuran dan harga box culvert yang dipatok cukup mahal karena material yang digunakan pun cukup banyak dan berkualitas.

Apabila sudah masuk, perhatikan kembali posisi box culvert dan pastikan juga spigot dan socket agar nantinya bisa menyatu tanpa adanya celah. Proses pemasangan ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama, tergantung dari panjang areanya.

– Pengurugan Tanah

Jika semua box culvert telah terpasang dan menyatu dengan baik, maka tahap berikutnya adalah finishing yaitu pengurugan dan pemadatan tanah. Urug kembali bagian luar box dengan tanah dengan hati-hati hingga area terlihat rapi dan bersih seperti semula.

Walaupun terlihat mudah, untuk proses yang satu ini harus dilakukan dengan hati-hati. Jangan sampai proses pemadatan tanah tersebut akan menimbulkan kerusakan pada box culvert atau pergeseran lokasi. Jika tidak, harga box culvert yang telah dibayar akan menjadi sia-sia dan Anda harus memperbaiki kerusakan tersebut atau bahkan menggantinya dengan box culvert baru.

Jual Box Culvert

Penggunaan box culvert yang kian diminati oleh proyek-proyek konstruksi membuat banyak bermunculan distributor di beberapa wilayah di Indonesia. Hal ini tidak mengherankan karena box culvert memiliki beberapa keunggulan, diantaranya adalah:

– Pemasangan jauh lebih mudah.

– Hemat waktu karena proses pengerjaan jauh lebih cepat.

– Hemat biaya

Sedangkan dari segi fungsi, box culvert berguna untuk proyek skala besar seperti:

– Jembatan sarana lalu lintas.

– Jembatan bagi para pejalan kaki.

– Drainase skala besar untuk normalisasi pengairan, termasuk penyaluran limbah sanitasi ke sungai terdekat.

– Fasilitas industri. Misalnya, untuk ruang sirkulasi (ducting) pada instalasi kabel listrik pabrik, rongga udara, penguapan, dan lain-lain.

– Sarana terowongan. Contohnya, cabling terowongan untuk telepon dan listrik.

– Sarana saluran air bersih atau irigasi.

Dengan semua keunggulan tersebut, tidak heran jika harga box culvert yang ditawarkan cukup mahal dan pembuatannya juga ada di bawah pengawasan ketat dan bahkan memiliki standar SNI dan internasional. Dikarenakan harus kedap air  dan api serta kokoh, maka spesifikasi box culvert terdiri dari:

– Pemilihan material yang berkualitas

Misalnya, semen tipe 1, agregat halus atau normal dari merapi, dan agregat kasar kualitas terbaik.

– Memenuhi standar SNI

Proses produksi box culvert harus diperhatikan agar mutu beton yang dihasilkan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

– Mutu Beton

Pada umumnya, K 350 merupakan standar mutu beton yang terbaik di teknik sipil, sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh SNI. Namun, tidak ada salahnya jika hal tersebut dikonsultasikan terlebih dahulu dengan ahli teknik sipil atau produsen box culvert.

– Ukuran Box Culvert

Di pabrik dan distributor telah tersedia berbagai ukuran standar box culvert. Jadi, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai ukuran standar tersebut agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan elevasi saluran yang akan digunakan.

Harga Box Culvert 1200 x 1200

Pada proyek saluran air skala besar, ada yang menggunakan box culvert ukuran sedang dan ada pula yang membutuhkan ukuran paling besar. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan dan lokasi pemasangan box culvert itu sendiri.

Untuk mendapatkan harga yang terbaik, Anda bisa melihat berbagai penawaran melalui internet. Misalnya, Anda mencari harga box culvert 1200 x 1200 yang paling murah di Indonesia. Maka, Anda bisa melihat bahwa kisaran harga yang ditawarkan adalah antara Rp3.825.000,00 – Rp4.255.000,00.

Harga Box Culvert  100 x 100

Hal tersebut berlaku pula apabila Anda mencari box culvert untuk ukuran standar lainnya. Berdasarkan daftar harga yang tersedia, akan muncul berbagai ukuran dan harga. Contohnya, Anda membutuhkan box culvert ukuran 100 x 100 untuk daerah. Pada tabel harga akan terlihat bahwa harganya dipatok sekitar Rp2.268.000,00 – Rp2.815.000,00.

Itulah spesifikasi dan harga box culvert yang ada di beberapa wilayah di Indonesia. Jika tertarik untuk menjadi distributor atau membutuhkan box culvert untuk proyek skala besar. Anda bisa menghubungi produsen atau distributor terbaik yang paling dekat dengan lokasi pemasangan.